CONTOH ALOKASI PROTA


RINCIAN ALOKASI WAKTU
(MINGGU EFEKTIF & MINGGU TIDAK EFEKTIF)


Mata Pelajaran            : Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH)
Kelas                           : VII
Sekolah                       : SMP Negeri 3 Trenggalek
Tahun Pelajaran          : 2010 / 2011


A.    PERHITUNGAN ALOKASI WAKTU
1.    Banyaknya Pekan / Minggu yang Efektif dalam Satu Semester (Ganjil)

Semester
No
BULAN
Minggu Efektif
Minggu Tidak Efektif
Keterangan Minggu Tidak Efektif
GANJIL
1
Juli
3
1
Libur Semester
2
Agustus
4
1
Awal Puasa
3
September
5
2
Sekitar Hari Raya
4
Oktober
4


5
Nopember
4


6
Desember
4
1
Libur Semester
Jumlah
24
4


2.    Banyaknya Pekan / Minggu yang Efektif dalam Satu Semester (Genap)

Semester
No
BULAN
Minggu Efektif
Minggu Tidak Efektif
Keterangan Minggu Tidak Efektif
GENAP
1
Januari
4


2
Februari
4


3
Maret
5
2
UN dan Ujian Sekolah
4
April
4


5
Mei
5


6
Juni
5
1
Libur Semester
Jumlah
26
3


B.    MINGGU EFEKTIF SEMESTER GANJIL                               : 24 Minggu
      MINGGU TIDAK EFEKTIF SEMESTER GANJIL                   :   4 Minggu
         Jumlah Minggu Efektif Semester ganjil                             : 20 Minggu

C.   MINGGU EFEKTIF SEMESTER GENAP                               : 26 Minggu
      MINGGU TIDAK EFEKTIF SEMESTER GENAP                   :   2 Minggu
         Jumlah Minggu Efektif Semester ganjil                             : 24 Minggu

3.    Jumlah Jam Pelajaran Efektif Semester Ganjil   : 20 x 2 jam = 40 Jam Pelajaran
4.    Jumlah Jam Pelajaran Efektif Semester Genap : 24 x 2 jam = 48 Jam Pelajaran

Trenggalek, 12 Juli 2010

Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 3 Trenggalek




Drs. ROHMAT, MM
Pembina Tingkat I
NIP : 195805031983031014

Guru Mata Pelajaran




MOH. FARID MA’RUF, S.Ag





PROGRAM TAHUNAN



Mata Pelajaran            : Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH)
Kelas                           : VII
Sekolah                       : SMP Negeri 3 Trenggalek
Tahun Pelajaran          : 2010 / 2011


Smstr
No
Pokok Bahasan / Sub Pokok Bahasan
Alokasi Waktu
Ket.
Kompetensi Dasar / Sub Kompetensi Dasar
GANJIL
1
Memahami siklus air
6

4 x UH = 8 JP
1 x UTS = 2 JP
1 x UAS = 2 JP Cad. = 2 JP
2
Memahami pencemaran air
6
3
Akibat pencemaran air bagi kehidupan
4
4
Usaha-usaha penanggulangan pencemaran air
6
5
Pemanfaatan air secara bijak
4
Jumlah
40 JP


Smstr
No
Pokok Bahasan / Sub Pokok Bahasan
Alokasi Waktu
Ket.
Kompetensi Dasar / Sub Kompetensi Dasar
GENAP
1
Memahami tentang rumah sehat dan lingkungan hidup yang sehat
6



4 x UH = 8 JP
1 x UTS = 2 JP
1 x UAS = 2 JP Cad. = 2 JP
2
Memahami tentang sekolah sehat
4
3
Menciptakan lingkungan yang sehat, bersih dan indah
6
4
Memahami dampak limbah bagi lingkungan
6
5
Memahami alternatif cara pembuangan limbah domestic
6
6
Mengelola limbah domestik untuk kepentingan wirausaha
6
Jumlah
48 JP


Trenggalek, 12 Juli 2010

Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 3 Trenggalek




Drs. ROHMAT, MM
Pembina Tingkat I
NIP : 195805031983031014

Guru Mata Pelajaran




MOH. FARID MA’RUF, S.Ag














RINCIAN ALOKASI WAKTU
(MINGGU EFEKTIF & MINGGU TIDAK EFEKTIF)


Mata Pelajaran            : Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH)
Kelas                           : VIII
Sekolah                       : SMP Negeri 3 Trenggalek
Tahun Pelajaran          : 2010 / 2011


A.    PERHITUNGAN ALOKASI WAKTU
1.    Banyaknya Pekan / Minggu yang Efektif dalam Satu Semester (Ganjil)

Semester
No
BULAN
Minggu Efektif
Minggu Tidak Efektif
Keterangan Minggu Tidak Efektif
GANJIL
1
Juli
3
1
Libur Semester
2
Agustus
4
1
Awal Puasa
3
September
5
2
Sekitar Hari Raya
4
Oktober
4


5
Nopember
4


6
Desember
4
1
Libur Semester
Jumlah
24
4


2.    Banyaknya Pekan / Minggu yang Efektif dalam Satu Semester (Genap)

Semester
No
BULAN
Minggu Efektif
Minggu Tidak Efektif
Keterangan Minggu Tidak Efektif
GENAP
1
Januari
4


2
Februari
4


3
Maret
5
2
UN dan Ujian Sekolah
4
April
4


5
Mei
5


6
Juni
5
1
Libur Semester
Jumlah
26
2


B.    MINGGU EFEKTIF SEMESTER GANJIL                               : 24 Minggu
      MINGGU TIDAK EFEKTIF SEMESTER GANJIL                   :   4 Minggu
         Jumlah Minggu Efektif Semester ganjil                             : 20 Minggu

C.   MINGGU EFEKTIF SEMESTER GENAP                               : 26 Minggu
      MINGGU TIDAK EFEKTIF SEMESTER GENAP                   :   2 Minggu
         Jumlah Minggu Efektif Semester ganjil                             : 24 Minggu

3.    Jumlah Jam Pelajaran Efektif Semester Ganjil   : 20 x 2 jam = 40 Jam Pelajaran
4.    Jumlah Jam Pelajaran Efektif Semester Genap : 24 x 2 jam = 48 Jam Pelajaran

Trenggalek, 12 Juli 2010

Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 3 Trenggalek




Drs. ROHMAT, MM
Pembina Tingkat I
NIP : 195805031983031014

Guru Mata Pelajaran




MOH. FARID MA’RUF, S.Ag





PROGRAM TAHUNAN



Mata Pelajaran            : Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH)
Kelas                           : VIII
Sekolah                       : SMP Negeri 3 Trenggalek
Tahun Pelajaran          : 2010 / 2011


Smstr
No
Pokok Bahasan / Sub Pokok Bahasan
Alokasi Waktu
Ket.
Kompetensi Dasar / Sub Kompetensi Dasar
GANJIL
1
Memahami keanekaragaman dan manfaat sumber daya alam di lingkungan sekitar
4 jam







4 x UH = 8 JP
1 x UTS = 2 JP
1 x UAS = 2 JP Cad. = 2 JP
2
Memahami peranan dan usaha-usaha dalam melestarikan sumber daya alam hayati
4 jam
3
Memahami cara-cara pelestarian sumber daya alam hayati di lingkungan sekitar
4 jam
4
Memahami cara-cara pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya alam yang tak dapat diperbaharui
4 jam
5
a.    Mengidentifikasi budidaya SDA hayati yang merupakan keunggulan local Kabupaten Trenggalek
b.    Merencanakan dan membuat pembibitan tanaman lokal melalui cara vegetatif dan generatif
6 jam
6
a.    Memahami etika lingkungan dan melaksanakannya
b.    Mengidentifikasi faktor-faktor pengganggu keseimbangan alam
4 jam
Jumlah
40 JP


Smstr
No
Pokok Bahasan / Sub Pokok Bahasan
Alokasi Waktu
Ket.
Kompetensi Dasar / Sub Kompetensi Dasar
GENAP
1
Mengidentifikasi keanekaragaman SDA Hayati yang terdapat di lingkungan sekitar
6 jam



4 x UH = 8 JP
1 x UTS = 2 JP
1 x UAS = 2 JP Cad. = 2 JP
2
Merencanakan upaya pelestarian SDA Hayati
6 jam
3
Mengidentifikasi kerusakan hutan yang ada di Kabupaten Trenggalek dan melaporkannya dalam bentuk karya ilmiah
8 jam
4
Memahami akibat yang ditimbulkan dari kerusakan hutan
6 jam
5
Mampu memanfaatkan SDA yang tersedia untuk menambah nilai ekonomi
8 jam
Jumlah
48 JP


Trenggalek, 12 Juli 2010

Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 3 Trenggalek




Drs. ROHMAT, MM
Pembina Tingkat I
NIP : 195805031983031014

Guru Mata Pelajaran




MOH. FARID MA’RUF, S.Ag

kami di Facebook

Hari ini

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons