Fenomena angkasa bulan juni 2012



Setelah fenomena super moon pada bulan Mei, penggemar aktivitas skywatching akan dimanjakan oleh beberapa fenomena yang akan terjadi pada bulan Juni 2012 ini.

Beberapa fenomena bahkan tergolong istimewa dan langka karena siklusnya mencapai puluhan hingga ratusan tahun sekali.
Berikut fenomena astronomi yang bisa disaksikan pada bulan Juni:
1. Gerhana Bulan

Pada 4 Juni 2012 akan terjadi gerhana bulan sebagian. Gerhana bulan ini bisa disaksikan dari seluruh wilayah Indonesia. Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 18.03 WIB. Seluruh proses gerhana bisa disaksikan dengan jelas dari wilayah Indonesia Timur.

2. Transit Venus

Inilah fenomena astronomi yang ditunggu-tunggu pada tahun ini. Fenomena ini tergolong langka, siklusnya baru dapat disaksikan lagi pada tahun 2117 mendatang.
Fenomena transit Venus terjadi ketika planet Venus “mampir” di muka Matahari. Venus akan berada di tengah-tengah antara Bumi dan Matahari.

Puncak fenomena ini akan terjadi pada 6 Juni 2012 pukul 5.14-11-50 WIB. Para pengamat angkasa yang ingin mengamati fenomena ini harus menggunakan teleskop yang dilengkapi dengan fitur filter agar tidak merusak mata. Seluruh proses transit bisa disaksikan secara full dari wilayah Indonesia Timur.

3. Segitiga Bulan, Venus dan Jupiter

Fenomena yang juga tergolong istimewa adalah formasi segitiga yang dibentuk oleh posisi Venus, Bulan, dan Jupiter. Fenomena ini bahkan bisa dilihat dengan mata telanjang.Venus pada magnitude -4,08 akan terlihat terang, sementara Jupiter berada pada magnitude -1,87. Bagi para pengamat yang ingin menyaksikan fenomena ini bisa menyaksikannya pada 18 Juni 2012, menjelang fajar.

4. Segitiga Bulan, Mars dan Saturnus

Pada tanggal 27 Juni 2012, planet bercincin atau Saturnus akan tampil dengan Bulan dan Mars, membentuk segitiga. Fenomena ini juga bisa dilihat dengan mata telanjang, mulai setelah Matahari tenggelam hingga sekitar pukul 22.00 WIB.

Sumber: Kompas.com

0 komentar:

kami di Facebook

Hari ini

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons