Landasan Pengembangan Kurikulum
Sekurang-kurangnya ada 3 hal yang melandasi pengembangan kurikulum, yaitu:
1. Landasan Filoofis
Dalam hal ini filsafat mempunyai 4 fungsi yaitu;
1. Landasan Filoofis
Dalam hal ini filsafat mempunyai 4 fungsi yaitu;
- filsafat dapat menentukan arah dan tujuan pendidikan
- filsafat dapat menentukan isi atau materi sesuai dengan tujuan pendidikan
- filsafat dapat menentukan cara atau strategi mencapai tujuan
- filsafat dapat menentukan tolak ukur keberhasilan proses pendidikan
- psikologis perkembangan anak
- setiap anak didik memiliki tahapan atau masa perkembangan tertentu
- anak didik yang sedang dalam masa perkembangan adalah periode yang sangat menentukan untuk keberhasilan dan kesuksesan hidup mereka
- pemahaman akan perkembangan anak akan memudahkan dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan
- psikologi belajar
Pengembangan kurikulum tidak akan terlepas dari
teori belajar, karena pada dasarnya kurikulum disusun untuk membelajarkan siswa
3. Landasan Sosiologis-Teknologi
Kurikulum bukan hanya berisi berbagai nilai suatu masyarakat akan tetapi
berisi segala sesuatu yang dibutuhkan masyarakat. Sehubungan dengan penentuan
asas sosiologis – teknologis, kita perlu mengkaji berbagai hal yang harus
dipertimbangkan dalam proses menyusun dan mengembangkan suatu kurikulum sesuai
dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat.
- Kekuatan sosial yang dapat mempengaruhi kurikulum
- Kemajuan IPTEK sebagai bahan pertimbangan penyusunan kurikulum
- Mempelajari dan memahami kebutuhan masyarakat
- Menganalisis budaya masyarakat tempat sekolah berada
- Menganalisis kekuatan serta potensi-potensi daerah
- Menganalisis syarat dan tuntutan tenaga kerja
- Menginterpretasi kebutuhan individu dalam kerangka kepentingan masyarakat