Penilaian portofolio merupakan proses penilaian yang berkelanjutan yang
didasarkan pada kumpulan informasi yang menunjukkan perkembangan
kemampuan khususnya aspek psikomotor/unjuk kerja peserta didik dalam
satu periode tertentu
Dalam melakukan penilaian portofolio harusmemperhatikan hal-phal berikut :
1. Asli, artinya tugas yang dinilai adalah asli dari peserta didik.
2. Adanya rasa kepercayaan antara guru dan peserta didik,baik dalam
proses penilaian maupun menjaga rahasia tentang pengumpulan hasil
belajar.
3. Join Ownershif antara guru dan peserta didik harus memiliki rasa saling memiliki berkas-berkas portofolio.
4. Identitas yang tercantum dalam portofolio sebaiknya berisi keterangan
tentang bukti yang mampu menumbuhkan semangat peserta didik untuk
lebih meningkatkan kreativitasnya.
5. Adanya kesesuaian antara hasil informasi hasil belajar yang tercantum dalam kurikulum
6. Penilaian portofolio mencakup penilaian proses dan hasilbelajar.
7. Penilaian portofolio terintegrasi dengan proses pembelajaran.
Model/teknik penilaian portofolio memerlukan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Menjelaskan kepada peserta didik bahwa tidak hanya merupakan kumpulan
karya/tugas yang dipergunakan oleh guru untuk penilaian,melainkan
digunakan juga oleh peserta didik itu sendiri.untuk mengetahui
kemampuan,ketrampilan,bakat dan minat yang dimiliki terhadap suatu mata
pelajaran.
2. Menentukan bersama antar peserta didik dengan guru terhadap sampel-sampel portofolio apa saja yang akan dibuat.
3. Kumpulkan dan simpanlah semua portofolio masing-masing peserta didik,
dalam satu map folder di rumah masing-masing atau loker masing-masing
sekolah.
4. Berilah identitas waktu dari setiap bahan informasi perkembangan
peserta didik sehingga bisa terlihat perbedaan kualitas dari waktu ke
waktu.
5. Sebaiknya tentukan kriteria penilaian sampel portofolio beserta
bobotnya dengan peserta didik sebelum mereka membuat karyanya.
6. Seorang guru meminta kepada peserta didik untuk menilai hasil karyanya secara berkesinambungan.
7. Setelah portofolio dinilai dan hasilnya belum memuaskan ,maka peserta
didik diberi kesempatan untuk memperbaikinya (remedial).
8. Akan lebih baik jika dibuat jadwal untuk membahas protofolio dengan
mengundang orangtua/wali peserta didik untuk menjelaskan betapa
pentingnya ortofolio supaya orang tua wali dapat mengetahui perkembangan
/pertumbuhan belajarnya.