3. SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)/ MADRASAH ALIYAH
(MA)
a. Pendidikan Agama Islam
SMA/MA/SMK/MAK
1.
Memahami ayat-ayat
Al-Qur’an yang berkaitan dengan fungsi manusia sebagai khalifah, demokrasi
serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
2.
Meningkatkan
keimanan kepada Allah sampai Qadha dan Qadar melalui pemahaman terhadap sifat
dan Asmaul Husna
3.
Berperilaku terpuji
seperti hasnuzzhan, taubat dan raja dan meninggalkan perilaku tercela seperti
isyrof, tabzir dan fitnah
4.
Memahami sumber
hukum Islam dan hukum taklifi serta menjelaskan hukum muamalah dan hukum
keluarga dalam Islam
5.
Memahami sejarah
Nabi Muhammad pada periode Mekkah dan periode Madinah serta perkembangan Islam
di Indonsia dan di dunia
b. Pendidikan Agama Kristen
SMA/SMK
1.
Mewujudkan nilai-nilai kristiani dalam pergaulan antar
pribadi dan kehidupan sosial
2.
Merespon berbagai bentuk kehidupan modern, perkembangan
budaya dan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan mengacu pada ajaran Kristen
3.
Bertanggung jawab sebagai orang Kristen dalam kehidupan
gereja, masyarakat dan bangsa
4.
Menyampaikan berita damai dan menjadi pembawa damai
sejahtera
c. Pendidikan Agama Katolik
SMA/SMK
1. Peserta didik dapat menguraikan pemahaman tentang pribadinya
sebagai pria dan wanita serta sebagai Citra Allah yang memiliki akal budi untuk
berpikir kritis serta memiliki suara hati dan kehendak yang bebas untuk
bertindak secara bertanggung jawab.
2.
Peserta didik
menguraikan pemahaman tentang pribadi Yesus Kristus yang diwartakan oleh
Kitab Suci dan diajarkan oleh Gereja dan bagaimana upaya nyata meneladani dalam
hidup sehari-hari.
3. Peserta didik dapat menguraikan pemahaman makna Gereja, fungsi dan
sifat-sifatnya serta hubungannya dengan dunia dan bagaimana menghayati dalam
hidup bergereja.
4. Peserta didik menguraikan fungsi
Gereja yaitu melanjutkan perutusan Yesus untuk mewartakan Kerajaan Allah dan
melibatkan diri dalam perutusan itu untuk memperjuangkan martabat dan hak asasi
manusia dengan menegakkan nilai-nilai
Kerajaan Allah, antara lain: keadilan, kejujuran dan keutuhan lingkungan hidup.
d. Pendidikan Agama Hindu
SMA/SMK
1.
Memahami Atman sebagai sumber hidup, Hukum Karma dan
Punarbhawa, dan ajaran Moksa sebagai tujuan tertinggi
2. Memahami
sifat-sifat Tri Guna dan Dasa Mala, ajaran Tat Twam Asi, Catur Warna, Catur
Asrama, dan Catur Purusartha
3. Memahami
tata cara persembahyangan, pelaksanaan Yadnya dalam kehidupan, dan perkawinan
menurut Hindu (Wiwaha)
4. Memahami
pokok-pokok ajaran Weda (Weda Sruti dan Smerti) sebagai sumber hukum Hindu
5. Memahami
struktur, hakikat dan pelestarian kesucian tempat suci
6. Memahami
perhitungan hari-hari suci menurut Hindu
7. Memahami
kepemimpinan menurut Niti Sastra dan hakekatnya
8. Memahami
proses penciptaan dan pralaya alam semesta
9. Memahami
nilai-nilai budaya Dharma Gita, seni keagamaan Hindu dan sejarah perkembangan
agama Hindu di India dan negara lainnya
e. Pendidikan Agama Buddha
SMA/SMK
1.
Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Tri Ratna dengan
mengetahui fungsi serta terefleksi dalam moralitas (sila), meditasi (samadhi),
dan kebijaksanaan (panna)
2.
Memiliki kemampuan untuk memahami dan meyakini hukum alam
3.
Membaca Paritta dan Dhammapada serta mengerti artinya
4.
Beribadah (kebaktian) dengan baik dan benar sesuai dengan
tuntunan masing-masing aliran
5.
Meneladani sifat, sikap dan kepribadian Buddha,
Bodhisattva, dan para siswa utama Buddha
6.
Memiliki kemampuan dasar berpikir logis, kritis, dan
kreatif untuk memecahkan masalah
7.
Memahami sejarah kehidupan Buddha Gotama
8.
Memahami peran agama dalam kehidupan sehari-hari
9.
Memiliki bekal pengetahuan dan kemampuan untuk
melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi
f. Pendidikan Kewarganegaraan
SMA/MA
1. Memahami hakekat
bangsa dan Negara Kesatuan Repubilik Indonesia
2. Menganalisis sikap
positif terhadap penegakan hukum, peradilan nasional, dan tindakan anti korupsi
3. Menganalisis
pola-pola dan partisipasi aktif dalam pemajuan, penghormatan
serta penegakan HAM baik di Indonesia
maupun di luar negeri
4. Menganalisis peran dan
hak warganegara dan sistem pemerintahan NKRI
5. Menganalisis budaya
politik demokrasi, konstitusi , kedaulatan negara, keterbukaan dan keadilan di Indonesia
6. Mengevaluasi
hubungan internasional dan sistem hukum internasional
7. Mengevaluasi
sikap berpolitik dan bermasyarakat madani sesuai dengan Pancasila dan
Undang-Undang Dasar 1945
8. Menganalisis
peran Indonesia dalam politik dan hubungan internasional, regional, dan kerja
sama global lainnya
9. Menganalisis
sistem hukum internasional, timbulnya konflik internasional, dan mahkamah
internasional
g. Bahasa Indonesia SMA/MA
Program
IPA dan IPS
1.
Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam kegiatan penyampaian
berita, laporan, saran, berberita, pidato, wawancara, diskusi, seminar, dan
pembacaan karya sastra berbentuk puisi, cerita rakyat, drama, cerpen, dan novel
2.
Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi dalam kegiatan berkenalan, diskusi, bercerita,
presentasi hasil penelitian, serta mengomentari pembacaan puisi dan pementasan
drama
3.
Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami
wacana tulis teks nonsastra berbentuk grafik, tabel, artikel, tajuk rencana,
teks pidato, serta teks sastra berbentuk puisi, hikayat, novel, biografi, puisi
kontemporer, karya sastra berbagai angkatan dan sastra Melayu klasik
4.
Menulis
Menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk
mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk teks narasi,
deskripsi, eksposisi, argumentasi, teks pidato, proposal, surat dinas, surat
dagang, rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, resensi, karya ilmiah, dan
berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, drama, kritik, dan esei
Program
Bahasa
1.
Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam kegiatan pidato,
ceramah/khotbah, wawancara, diskusi, dialog, penyampaian berita, presentasi
laporan
2.
Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan
pikiran, informasi, dan pengalaman dalam kegiatan presentasi hasil penelitian, laporan pembacaan buku, dan
presentasi program, bercerita, wawancara, diskusi, seminar, debat, dan pidato
tanpa teks
3.
Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami
wacana tulis berbentuk esei, artikel, dan biografi
4.
Menulis
Mengungkapkan pikiran dan informasi dalam wacana
tulis berbentuk teks deskripsi, narasi, eksposisi, persuasi dan argumentasi,
ringkasan/rangkuman, laporan, karya ilmiah, makalah, serta surat lamaran
5.
Kebahasaan
Memahami dan menggunakan berbagai komponen kebahasaan, baik fonologi,
morfologi, maupun sintaksis dalam wacana lisan dan tulis
h. Bahasa Inggris SMA/MA
1. Mendengarkan
Memahami
makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional, secara formal maupun
informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition,
hortatory exposition, spoof, explanation, discussion,
dan review, dalam konteks kehidupan
sehari-hari
2. Berbicara
Mengungkapkan
makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal
maupun informal, dalam bentuk recount,
narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition,
hortatory exposition, spoof, explanation, discussion,
dan review, dalam konteks kehidupan
sehari-hari
3. Membaca
Memahami
makna dalam wacana tertulis interpersonal dan transaksional, secara formal
maupun informal, dalam bentuk recount,
narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition,
hortatory exposition, spoof, explanation, discussion,
dan review, dalam konteks kehidupan
sehari-hari
4. Menulis
Mengungkapkan
makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara
formal maupun informal, dalam bentuk recount,
narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition,
hortatory exposition, spoof, explanation, discussion,
dan review, dalam konteks kehidupan
sehari-hari
Program Bahasa
1. Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana lisan
interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition, hortatory exposition, spoof, explanation, discussion, review, public speaking dalam konteks akademik, dan karya sastra populer
dan otentik sederhana, dalam kehidupan nyata sehari-hari
2. Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana
interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition, hortatory exposition, spoof, explanation, discussion, review, public speaking dalam konteks akademik, dan karya sastra populer
dan otentik sederhana, dalam kehidupan nyata sehari-hari
3. Membaca
Memahami makna dalam wacana
tertulis interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam
bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition, hortatory exposition, spoof, explanation, discussion, review, public speaking dalam konteks akademik, dan karya sastra populer
dan otentik sederhana, dalam kehidupan nyata sehari-hari
4. Menulis
Mengungkapkan makna secara
tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun
informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition,
hortatory exposition, spoof, explanation, discussion, review, public speaking dalam konteks akademik, dan karya sastra populer
dan otentik sederhana, dalam kehidupan nyata sehari-hari
i. Matematika SMA/MA
Program
IPA
1.
Memahami pernyataan
dalam matematika dan ingkarannya,
menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor,
serta menggunakan prinsip logika
matematika dalam pemecahan masalah
2.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi
aljabar sederhana, fungsi kuadrat, fungsi eksponen dan grafiknya, fungsi
komposisi dan fungsi invers, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, persamaan
lingkaran dan persamaan garis singgungnya, suku banyak, algoritma pembagian dan
teorema sisa, program linear, matriks dan determinan, vektor, transformasi geometri
dan komposisinya, barisan dan deret, serta menggunakannya dalam pemecahan
masalah
3.
Menentukan
kedudukan, jarak dan besar sudut yang melibatkan titik, garis dan bidang di
ruang dimensi tiga serta menggunakannya
dalam pemecahan masalah
4.
Memahami konsep
perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri, rumus sinus dan kosinus jumlah dan selisih dua
sudut, rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
5.
Memahami limit
fungsi aljabar dan fungsi trigonometri di suatu titik dan sifat-sifatnya,
turunan fungsi, nilai ekstrem, integral tak tentu dan integral tentu fungsi
aljabar dan trigonometri, serta
menerapkannya dalam pemecahan masalah
6.
Memahami dan mengaplikasikan penyajian data dalam bentuk
tabel, diagram, gambar, grafik, dan ogive, ukuran pemusatan, letak dan ukuran
penyebaran, permutasi dan kombinasi, ruang sampel dan peluang kejadian dan
menerapkannya dalam pemecahan masalah
7.
Memiliki sikap
menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan
8.
Memiliki kemampuan
berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta mempunyai
kemampuan bekerjasama
Program
IPS
1.
Memahami pernyataan
dalam matematika dan ingkarannya,
menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor,
serta menggunakan prinsip logika
matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan
pernyataan berkuantor
2.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi
aljabar sederhana, fungsi kuadrat dan grafiknya, persamaan dan pertidaksamaan
kuadrat, komposisi dan invers fungsi, program linear, matriks dan determinan,
vektor, transformasi geometri dan komposisinya, barisan dan deret, serta
menggunakannya dalam pemecahan masalah
3.
Menentukan
kedudukan, jarak dan besar sudut yang melibatkan titik, garis dan bidang di
ruang dimensi tiga serta menggunakannya
dalam pemecahan masalah
4.
Memahami konsep
perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
5.
Memahami limit
fungsi aljabar dan fungsi trigonometri di suatu titik dan sifat-sifatnya,
turunan fungsi, nilai ekstrem, integral tak tentu dan integral tentu fungsi
aljabar dan trigonometri, serta
menerapkannya dalam pemecahan masalah
6.
Mengaplikasikan
penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, gambar, grafik, dan ogive, ukuran
pemusatan, letak dan ukuran penyebaran, permutasi dan kombinasi, ruang sampel
dan peluang kejadian, dalam pemecahan masalah
7.
Memiliki sikap
menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan
8.
Memiliki kemampuan
berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif, serta mempunyai
kemampuan bekerjasama.
Program
Bahasa
1.
Memahami pernyataan
dalam matematika dan ingkarannya,
menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor,
serta menggunakan prinsip logika
matematika dalam pemecahan masalah
2.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi
aljabar sederhana dan fungsi kuadrat, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat,
program linear, matriks dan determinan, vektor, transformasi geometri dan
komposisinya, barisan dan deret, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
3.
Menentukan
kedudukan, jarak dan besar sudut yang melibatkan titik, garis dan bidang di
ruang dimensi tiga serta menggunakannya
dalam pemecahan masalah
4.
Memahami konsep
perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri serta menggunakan
dalam pemecahan masalah
5.
Memahami dan mengaplikasikan penyajian data dalam bentuk
tabel, diagram, gambar, grafik, dan ogive, ukuran pemusatan, letak dan ukuran
penyebaran, permutasi dan kombinasi, ruang sampel dan peluang kejadian dan
menggunakannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari dan ilmu
pengetahuan dan teknologi
6.
Memiliki sikap
menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan
7.
Memiliki kemampuan
berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta mempunyai
kemampuan bekerjasama
j. Fisika SMA/MA
1.
Melakukan percobaan, antara lain merumuskan masalah,
mengajukan dan menguji hipotesis, menentukan variabel, merancang dan merakit
instrumen, mengumpulkan, mengolah dan menafsirkan data, menarik kesimpulan,
serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis
2.
Memahami prinsip-prinsip pengukuran dan melakukan
pengukuran besaran fisika secara langsung dan tidak langsung secara cermat,
teliti, dan obyektif
3.
Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan
mekanika benda titik, kekekalan energi, impuls, dan momentum
4.
Mendeskripsikan prinsip dan konsep konservasi kalor sifat
gas ideal, fluida dan perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika serta
penerapannya dalam mesin kalor
5. Menerapkan konsep dan
prinsip optik dan gelombang dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk
teknologi
6. Menerapkan konsep dan
prinsip kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai masalah dan produk teknologi
k. Biologi SMA/MA
1.
Merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis,
menentukan variabel, merancang dan merakit instrumen, menggunakan berbagai
peralatan untuk melakukan pengamatan dan pengukuran yang tepat dan teliti, mengumpulkan,
mengolah, menafsirkan dan menyajikan data secara sistematis, dan menarik
kesimpulan sesuai dengan bukti yang diperoleh, serta berkomunikasi ilmiah hasil
percobaan secara lisan dan tertulis
2.
Memahami keanekaragaman hayati dan klasifikasinya, peranan
keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya.
3.
Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem, perubahan
materi dan energi, serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
4.
Memahami konsep sel dan jaringan, keterkaitan antara
struktur dan fungsi organ, kelainan dan penyakit yang mungkin terjadi pada
sistem organ, serta implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan
masyarakat
5.
Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan
perkembangan, proses metabolisme dan hereditas, evolusi dan implikasinya dengan
sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat
6.
Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta
implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat
l. Kimia SMA/MA
1.
Melakukan
percobaan, antara lain merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis,
menentukan variabel, merancang dan merakit instrumen, mengumpulkan, mengolah
dan menafsirkan data, menarik kesimpulan, serta mengkomunikasikan hasil
percobaan secara lisan dan tertulis
2.
Memahami hukum dasar dan penerapannya, cara
perhitungan dan pengukuran, fenomena reaksi kimia yang terkait dengan kinetika,
kesetimbangan, kekekalan masa dan kekekalan energi
3.
Memahami sifat berbagai larutan asam-basa,
larutan koloid, larutan elektrolit-non elektrolit, termasuk cara pengukuran dan
kegunaannya
4. Memahami konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia
serta penerapannya dalam fenomena pembentukan energi listrik, korosi logam, dan
pemisahan bahan (elektrolisis)
5.
Memahami struktur molekul dan reaksi senyawa
organik yang meliputi benzena dan turunannya, lemak, karbohidrat, protein, dan
polimer serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
m. Sejarah SMA/MA
Kelas X
1.
Memahami ruang
lingkup ilmu sejarah
2.
Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
3. Menganalisis
masa pra-aksara dan masyarakat aksara pada masyrakat Indonesia
4. Menganalisis
kehidupan awal masyarakat di Indonesia
meliputi peradaban awal, asal-usul dan persebaran manusia di wilayah
nusantara/Indonesia
Program IPA
1.
Menganalisis
perkembangan masa negara-negara tradisional yang meliputi masa Hindu-Buddha,
Islam di Indonesia
2.
Membandingkan
perkembangan masyarakat Indonesia masa penjajahan Hindia-Belanda dan
Pemerintahan Pendudukan Jepang
3.
Menganalisis proses
kelahiran dan pertumbuhan nasionalisme di Indonesia
4.
Merenkonstruksi
perkembangan masyarakat Indonesia sejak Proklamasi Kemerdekaan sampai dengan
periode Demokrasi terpimpin
5.
Merekonstruksi
pergantian pemerintahan masa awal kemerdekaan (1945-1955), Demokrasi terpimpin
(1955-1967), ke masa pemerintahan Orde Baru (1967-1998) sampai periode
Reforrmasi (sejak 1998 s/d sekarang)
6.
Merekonstruksi
perkembangan masyarakat pada masa Orde Baru
7. Menganalisis
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sesudah Perang Dunia II sampai
dengan pertumbuhan teknologi mutahir
Program IPS
1.
Menganalisis kehidupan awal, peradaban manusia Indonesia
dan bangsa-bangsa lain di dunia, serta asal usul dan persebaran manusia di
Indonesia
2.
Menganalisis
perkembangan bangsa Indonesia pada masa Negara tradisional, meliputi
perkembangan budaya, agama, dan sistem pemerintahan masa Hindu-Buddha, masa Islam, proses interaksi antara tradisi
lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di Indonesia
3.
Menganalisis kesejarahan masa kolonial Hindia Belanda
(pengaruh Barat) meliputi perubahan ekonomi, demografi, sosial, serta politik
dan masa kolonial Jepang yang meliputi perubahan sosial-ekonomi, politik
4.
Menganalisis
pengaruh berbagai revolusi politik dan sosial di dunia (Revolusi Perancis,
revolusi Amarika, revolusi Rusia) terhadap perubahan sosial, ekonomi, dan
politik di Indonesia
5. Menganalisis
peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945, terbentuk Negara Kesatuan
Republik Indonesia,
dan lahirnya Undang-Undang Dasar 1945
6. Menganalisis
perkembangan masyarakat Indonesia
mulai masa kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha, kerajaan-kerajaan Islam,
permerintahan colonial Belanda, Inggris, Pemerintahan Pendudukan Jepang,
meliputi politik (lahirnya gerakan pendidikan dan nasionalisme), cita-cita
terbentuknya Negara merdeka dan sebagainya
7. Menganalisis
perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan dan persatuan NKRI darii ancaman
disintegrasi bangsa, antara lain Peristiwa Madiun 1948, Pemnerontakan DI/TII,
Peristiwa PERMESTA, Peristiwa Andi Azis, RMS, PRRI, dan Gerakan G-30-S/PKI
8. Menganalisis
perkembangan masyarakat Indonesia sejak Proklamasi sampai dengan masa Orde Baru,
dan masa Reformasi, meliputi Masa
Pemerintahan Demokrasi Terpimpin (Orde baru, 1945-1967), masa Demokrasi
Pancasila (Orde Baru, 1967-1998), dan masa peralihan ke masa Reformasi(1998
–sekarang)
Program Bahasa
1.
Menganalisis
kehidupan masyarakat Indonesia periode kerajaan-kerajaan tradisional, yang
meliputi masa kerajaan Hindu-Buddha dan Islam
2.
Menganalisis
perkembangan bahasa dan karya sastra masa kebudayaan Hindu-Buddha dan Islam
3.
Menganalisis
perkembangan masyarakat dan bahasa, karya sastra masa pemerintahan kolonial
Hindia Belanda
4. Menganalisis
proses kelahiran dan perkembangan nasionalisme Indonesia
5. Merekonstruksi
perkembangan masyarakat Indonesia periode Proklamasi (1945-1955), Orde Lama
(1955-1967), Orde Baru (1967-1998), dan Reformasi (1998 -) mreliputi
perkembangan politik, ekonomi, sosial, bidang budaya, bahasa, dan karya sastra
n. Geografi SMA/MA
1.
Memahami hakikat, objek, ruang lingkup, struktur, dan
pendekatan Geografi
2.
Mempraktekkan keterampilan dasar peta dan memanfaatkannya
dalam mengkaji geosfer
3.
Memahami pemanfaatan citra dan SIG sebagai wahana
memvisualkan geosfer
4.
Menganalisis
dinamika dan kecenderungan perubahan unsur-unsur geosfer serta dampaknya
terhadap kehidupan di muka bumi
5.
Memahami pola dan aturan tata surya dan jagad raya dalam
kaitannya dengan kehidupan di muka bumi
6.
Memahami sumber daya alam dan pemanfaatannya secara arif
7.
Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
8.
Menganalisis konsep wilayah dan pewilayahan dalam
kaitannya dengan perencanaan pembangunan wilayah, pedesaan dan perkotaan, serta
negara maju dan berkembang
o. Ekonomi SMA/MA
1.
Menganalisis
permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia dan sistem
ekonomi
2.
Mendeskripsikan
kegiatan ekonomi produsen, konsumen, permintaan, penawaran dan harga
keseimbangan melalui mekanisme pasar
3.
Mendeskripsikan kebijakan pemerintah dalam
bidang ekonomi dalam kaitannya dengan pendapatan nasional, konsumsi, tabungan
dan investasi, uang dan perbankan
4.
Memahami
pembangunan ekonomi suatu negara dalam kaitannya dengan ketenagakerjaan, APBN,
pasar modal dan ekonomi terbuka
5.
Menyusun
siklus akuntansi perusahaan jasa dan perusahaan dagang
6.
Memahami
fungsi-fungsi manajemen badan usaha, koperasi dan kewirausahaan.
p. Sosiologi SMA/MA
1.
Memahami sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan
masyarakat dan lingkungan
2. Memahami proses
interaksi sosial di dalam masyarakat dan norma yang mengatur hubungan tersebut
serta kaitannya dengan dinamika kehidupan sosial
3. Mengidentifikasi
kegiatan bersosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
4. Mengidentifikasi
berbagai perilaku menyimpang dan anti sosial dalam masyarakat
5.
Menganalisis hubungan antara struktur dan mobilitas sosial dalam kaitannya
dengan konflik sosial
6.
Mendeskripsikan
berbagai bentuk kelompok sosial dan perkembangannya dalam masyarakat yang
multikutural
7.
Menjelaskan proses perubahan sosial pada masyarakat dan
dampaknya terhadap kehidupan masyarakat
8.
Menjelaskan hakikat dan tipe-tipe lembaga sosial dan
fungsinya dalam masyarakat
9.
Melakukan penelitian
sosial secara sederhana dan mengkominukasikan hasilnya dalam tulisan dan lisan
q. Seni Budaya SMA/MA
Seni Musik
1. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni musik tradisional dan nontradisional dengan
beragam teknik, media, dan materi musik daerah setempat
2. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni musik tradisional dan nontradisional dengan
beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik Nusantara
3. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni musik tradisional dan nontradisional dengan
beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik mancanegara (NonAsia)
Seni Tari
1. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni tari
kreasi bentuk tari tunggal atau berpasangan/kelompok dalam konteks budaya
masyarakat daerah setempat
2. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni tari
kreasi bentuk tari tunggal atau berpasangan/kelompok dalam konteks budaya
masyarakat Nusantara
3. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni tari
kreasi bentuk tari tunggal atau berpasangan/kelompok mancanegara (NonAsia)
dalam konteks budaya masyarakatnya.
Seni
Teater
1. Mengapresiasi
dan bereksplorasi teknik olah tubuh, pikiran dan suara
2. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni teater
tradisional dan nontradisional dan seni teater kreatif daerah setempat
dalam konteks budaya masyarakat
3. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni
teater tradisional dan
nontradisional dan seni teater kreatif Nusantara dalam konteks budaya
masyarakat
4. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni
teater tradisional, dan
nontradisional dan seni teater kreatif mancanegara (NonAsia) dalam konteks
budaya masyarakat
Seni Rupa (Program IPA)
1.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan
dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat dan Nusantara
2.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni terapan
dengan memanfaatkan teknik mistar dan proyeksi dengan mempertimbangkan fungsi
dan corak seni rupa terapan Nusantara dan mancanegara
3.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa murni
dan terapan (modern/ kontemporer) yang dikembangkan dari beragam unsur, corak
dan teknik seni rupa Nusantara
Seni Rupa (Program IPS dan Bahasa)
1. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan
corak daerah setempat dan Nusantara
2. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak
Nusantara dan mancanegara
3. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni rupa murni dan terapan (modern/kontemporer) yang dikembangkan dari beragam unsur, corak
dan teknik seni rupa Nusantara
r. Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan SMA/MA
1.
Mempraktekkan
keterampilan permainan dan olahraga dengan menggunakan peraturan
2.
Mempraktekkan rangkaian senam lantai dan irama
serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
3.
Mempraktekkan pengembangan mekanik sikap
tubuh, kebugaran jasnani serta aktivitas lainnya
4.
Mempraktekkan gerak ritmik yang meliputi senam
pagi, senam aerobik, dan aktivitas lainnya
5.
Mempraktekkan kegiatan dalam air seperti
renang, permainan di air dan keselamatan di air
6.
Mempraktekkan
kegiatan-kegiatn di luar kelas seperti melakukan perkemahan, penjelajahan alam
sekitar, mendaki gunung, dan lain-lain
7.
Memahami
budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari seperti perawatan tubuh serta
lingkungan yang sehat, mengenal berbagai penyakit dan cara mencegahnya serta
menghindari narkoba dan HIV
s. Teknologi Informasi dan
Komunikasi SMA/MA
1.
Memahami fungsi dan
proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang
ditopang oleh sikap cermat dan menghargai Hak Atas Kekayaan Intelektual
2.
Menggunakan
perangkat pengolah kata, pengolah angka, pembuat grafis dan pembuat presentasi
dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram untuk menghasilkan informasi
3.
Memahami prinsip
dasar Internet/intranet dan menggunakannya untuk memperoleh informasi, berkomunikasi
dan bertukar informasi
t. Keterampilan SMA/MA
Kerajinan
1.
Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan tenik tapestry
dan teknik pembentukan manual untuk fungsi ekspresi/hias
2.
Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan dengan teknik
celup ikat dan atau teknik batik untuk fungsi ekspresi/hias.
3.
Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan dengan
menggunakan bahan keras alami dengan berbagai teknik untuk fungsi
ekspresi/hias.
4.
Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan dengan teknik
potong sambung dan teknik potong konstruksi untuk fungsi ekspresi/hias.
5.
Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan dengan
menggunakan bahan keras alami dan teknik sayat dan ukir yang menerapkan ragam
hias tradisional, mancanegara maupun modifikasinya.
Teknologi
Rekayasa
1.
Mengapresiasi dan menciptakan karya teknologi rekayasa
berbagai tempat hewan air dan hewan darat yang sehat
2.
Mengapresiasi dan menciptakan karya teknologi rekayasa
miniatur benda konstruksi sederhana dan kompleks
3.
Mengapresiasi dan menciptakan karya teknologi rekayasa
alat transportasi mainan dengan energi mekanik
Teknologi
Budidaya
1.
Mengapresiasi dan menerapkan teknologi budidaya unggas
potong dan hias.
2.
Mengapresiasi dan menerapkan teknologi budidaya tanaman
hias dengan menggunakan berbagai media
3.
Mengapresiasi dan menerapan teknologi budidaya ikan hias
air tawar di dalam akuarium dan budidaya udang air tawar/laut
Teknologi
Pengolahan
1.
Mengapresiasi dan menerapkan teknologi pengolahan produk
pengawetan dengan pengapasan dan menggunakan uap dari bahan hewani
2.
Mengapresiasi dan menerapkan teknologi pengolahan bahan
padat dan bahan cair/kental dengan teknik fermentasi.
3.
Mengapresiasi dan menerapkan teknologi pengolahan produk
makanan dengan teknik daur ulang dan teknik pengolahan satu bahan menjadi
berbagai produk makanan.
u. Bahasa Asing SMA/MA
Bahasa Arab
Program Pilihan
1. Mendengarkan
Memahami bunyi huruf Hijaiyah dan makna dalam wacana
lisan berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan
sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan pekerjaan
2.
Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan
dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri,
kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan
pekerjaan
3.
Membaca
Melafalkan huruf Hijaiyah dan memahami makna dalam wacana tertulis berbentuk
paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan sekolah,
kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan pekerjaan
4.
Menulis
Menulis huruf Hijaiyah dan mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana
berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan
sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan pekerjaan
Bahasa Arab
Program Bahasa
1. Mendengarkan
Memahami bunyi huruf Hijaiyah serta makna dalam wacana
lisan berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan
sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata, layanan umum,
dan pekerjaan
2.
Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan
dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri,
kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata,
layanan umum, dan pekerjaan
3.
Membaca
Melafalkan huruf hijaiyah serta memahami makna dalam wacana tertulis berbentuk
paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan sekolah,
kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata, layanan umum, dan
pekerjaan
4.
Menulis
Menulis huruf hijaiyah serta mengungkapkan makna secara tertulis dalam
wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan
sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata, layanan umum,
dan pekerjaan
Bahasa Jerman Program Pilihan
1. Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana lisan
berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan sekolah,
kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan wisata
2. Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan
dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri,
kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan wisata
3. Membaca
Memahami makna dalam wacana
tertulis berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri,
kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan wisata
4. Menulis
Mengungkapkan makna secara
tertulis dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas
diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan
wisata
Bahasa Jerman Program Bahasa
1.
Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana lisan
berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan
sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata, layanan umum,
dan pekerjaan
2.
Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan
dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri,
kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata,
layanan umum, dan pekerjaan
3.
Membaca
Memahami makna dalam wacana
tertulis berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri,
kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata,
layanan umum, dan pekerjaan
4.
Menulis
Mengungkapkan makna secara
tertulis dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas
diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata,
layanan umum, dan pekerjaan
Bahasa Perancis Program Pilihan
1. Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana lisan
berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan
sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan wisata
2. Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan
dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri,
kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan wisata
3. Membaca
Memahami makna dalam wacana
tertulis berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri,
kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan wisata
4. Menulis
Mengungkapkan makna secara
tertulis dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas
diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan
wisata
Bahasa Perancis Program Bahasa
1.
Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana lisan
berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan
sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata, layanan umum,
dan pekerjaan
2.
Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan
dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri,
kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata,
layanan umum, dan pekerjaan
3.
Membaca
Memahami makna dalam wacana
tertulis berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri,
kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata,
layanan umum, dan pekerjaan
4.
Menulis
Mengungkapkan makna secara
tertulis dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas
diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata,
layanan umum, dan pekerjaan
Bahasa Jepang Program Pilihan
1.
Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana lisan
berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan
sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan wisata
2.
Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan
dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri,
kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan wisata
3.
Membaca
Memahami makna dalam wacana
tertulis dengan huruf hiragana, katakana, dan kanji sederhana, berbentuk
paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan sekolah,
kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan wisata
4.
Menulis
Mengungkapkan makna secara
tertulis dengan huruf hiragana, katakana, dan kanji sederhana, dalam wacana
berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan
sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan wisata
Bahasa Jepang Program Bahasa
1. Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana lisan
berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan
sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata, kesehatan,
dan cita-cita
2.
Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan
dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri,
kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata,
kesehatan, dan cita-cita
3.
Membaca
Memahami makna dalam wacana
tertulis dengan huruf hiragana, katakana, dan kanji sederhana, berbentuk
paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan sekolah,
kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata, kesehatan, dan
cita-cita
4.
Menulis
Mengungkapkan makna secara
tertulis dengan huruf hiragana, katakana, dan kanji sederhana, dalam wacana
berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan
sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata, kesehatan,
dan cita-cita
Bahasa Mandarin Program Pilihan
1. Mendengarkan
Mengidentifikasi bunyi hanyu pinyin dan memahami makna dalam
wacana lisan berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri,
kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan
pekerjaan
2. Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan
dengan lafal hanyu pinyin dalam
wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan
sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan pekerjaan
3. Membaca
Membaca nyaring dan memahami
makna dalam wacana tertulis dengan lafal/ejaan hanyu pinyin dan hanzi
berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan
sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan pekerjaan
4. Menulis
Mengungkapkan makna secara
tertulis dengan ejaan hanzi dalam
wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan
sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan pekerjaan
Bahasa Mandarin Program Bahasa
1. Mendengarkan
Mengidentifikasi bunyi hanyu pinyin dan memahami makna dalam
wacana lisan berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri,
kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata,
layanan umum, dan pekerjaan
2. Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan
dengan lafal hanyu pinyin dalam
wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan
sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata, layanan umum,
dan pekerjaan
3. Membaca
Membaca nyaring dan memahami
makna dalam wacana tertulis dengan lafal/ejaan hanyu pinyin dan hanzi
berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan
sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata, layanan umum,
dan pekerjaan
4. Menulis
Mengungkapkan makna secara
tertulis dengan ejaan hanzi dalam
wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan
sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata, layanan umum,
dan pekerjaan
v. Sastra Indonesia SMA/MA
Program Bahasa
1.
Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam kegiatan apresiasi
terhadap pementasan drama dan pembacaan puisi
2.
Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan
pikiran, perasaan, informasi, dan
membahas serta mengapresiasi berbagai
karya sastra berbentuk puisi, prosa, dan drama
3.
Membaca
Menggunakan berbagai
jenis membaca untuk mengapresiasi
karya sastra berbentuk novel, cerita pendek, hikayat, dan drama
4.
Menulis
Menggunakan berbagai kegiatan menulis untuk
mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman dalam kegiatan
apresiatif yang menghasilkan
transformasi karya sastra, kritik dan esei, dan berbagai karya sastra berbentuk
puisi, cerita pendek, drama, serta transliterasi/transkripsi naskah lama
berhuruf Arab Melayu
5.
Kesastraan
Menguasai komponen kesastraan, genre sastra dan
perkembangannya untuk mengapresiasi karya sastra berbentuk puisi, prosa,
dan drama
w. Antropologi SMA/MA
Program Bahasa
1.
Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, budaya asing, dan
hubungan di antara keduanya, serta dampak dari hubungan tersebut
2.
Menunjukkan sikap toleran dan empati terhadap keberagaman
budaya yang ada di masyarakat setempat dalam kaitannya dengan budaya nasional
3.
Menganalisis proses dinamika budaya dalam kaitannya
dengan integrasi nasional
4.
Memahami peran bahasa dan dialek dalam perkembangan
budaya Indonesia, serta menunjukkan sikap peduli terhadap bahasa dan dialek
5.
Menganalisis keragaman dan perkembangan seni dalam budaya
Indonesia (Seni Rupa, Sastra dan Pertunjukan)
6.
Memahami keragaman agama/religi/kepercayaan di Indonesia
serta dampaknya dalam perilaku penganutnya
7.
Memahami peran dan penerapan IPTEK, serta pengaruhnya
terhadap perkembangan budaya Indonesia