PANDUAN PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


PANDUAN PENGEMBANGAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


I.                 Pendahuluan

Dalam rangka mengimplementasikan pogram pembelajaran yang sudah dituangkan di dalam silabus, guru harus menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan untuk setiap Kompetensi dasar. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam RPP memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar. 

Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi yang memayungi  Kompetensi Dasar yang akan disusun dalam RPP-nya. Di dalam RPP secara rinci harus dimuat Tujuan Pembelajaran,Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian

II.  Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mencantumkan identitas
·       Nama sekolah
·       Mata Pelajaran
·       Kelas/Semester
·       Alokasi Waktu

Catatan:
Ø RPP disusun untuk satu Kompetensi Dasar.
Ø Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus yang disusun oleh satuan pendidikan
Ø Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar yang bersangkutan, yang dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan. Oleh karena itu, waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam  satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada karakteristik kompetensi dasarnya.


A.Standar Kompetensi
Standar Kompetensi adalah kualifikasi kemampuan peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada mata pelajaran tertentu. Standar kompetensi diambil dari Standar Isi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar). Sebelum menuliskan Standar Kompetensi, penyusun terlebih dahulu mengkaji Standar Isi mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal berikut :
a.     urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau SK dan KD
b.     keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran
c.      keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran.


B.  Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar merupakan sejumlah kemampuan minimal yang harus dimiliki peserta didik dalam rangka menguasai SK mata pelajaran tertentu. Kompetensi Dasar dipilih dari yang tercantum dalam Standar Isi. Sebelum menentukan atau memilih Kompetensi Dasar, penyusun terlebih dahulu mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
a.     Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan Kompetensi Dasar
b.     Keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran
c.      Keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran

C.Tujuan Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran berisi  penguasaan kompetensi yang operasional yang ditargetkan/dicapai dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk pernyataan yang operasional dari kompetensi dasar. Apabila rumusan kompetensi dasar sudah operasional, rumusan tersebutlah yang dijadikan dasar dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat terdiri atas sebuah tujuan atau beberapa tujuan.



D.                   Materi Pembelajaran

Materi pembelajaran  adalah  materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Materi pembelajaran dikembangkan dengan mengacu pada materi pokok yang ada dalam silabus.

E. Metode Pembelajaran/Model Pembelajaran

Metode dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan/atau strategi yang dipilih.

F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Untuk mencapai suatu kompetensi dasar dalam kegiatan pembelajaran harus dicantumkan langkah-langkah kegiatan dalam setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan :
a. Pendahuluan
    Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan un­tuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
b. Inti
    Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran di­lakukan secara interaktif, inspiratif, menyenang­kan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
c. Penutup
    Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan un­tuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.
 
G.                   Sumber Belajar

Pemilihan  sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan oleh satuan pendidikan.  Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat, dan bahan. Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional. Misalnya,  sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referens, dalam RPP harus dicantumkan judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu.

H.                  Penilaian

Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, dan instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data. Dalam sajiannya dapat dituangkan dalam bentuk matrik horisontal atau vertikal. Apabila penilaian menggunakan  teknik  tes tertulis uraian, tes unjuk kerja, dan tugas rumah yang berupa proyek harus disertai rubrik penilaian.

III. Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     : SMP...........................
Mata Pelajaran                  : ...................................
Kelas/Semester          : ...................................
Alokasi Waktu                   : ..... x  40 menit (…  pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
B.    Kompetensi Dasar
C.     Indikator
D.    Tujuan Pembelajaran
E.     Nilai dan Karakter Bangsa yang ditanamkan
F.  Materi Pembelajaran   
G.  Model/Metode Pembelajaran 
H.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
              Pertemuan 1
     Pertemuan  2
              dst
I.  Sumber Belajar           
JPenilaian                     


Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen


















                                     



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                   :    .............................
Kelas / Semester     :    VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran     :    IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu       :    3 X 40’

Standar Kompetensi  : 2. Memahami klasifikasi zat.

Kompetensi Dasar :    2.3 Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana.
Indikator Pembelajaran :

Tujuan Pembelajaran     :  Peserta didik dapat:
                                      1.     Menjelaskan pengertian unsur.
                                      2.    Mengenal nama dan lambang unsur.
                                      3.    Menerapkan aturan tata nama unsur.
                                      4.    Menjelaskan maksud pengelompokan unsur ke dalam tabel periodik.
                                      5.    Menjelaskan sifat dan kegunaan unsur.
                                      6.    Menjelaskan pengertian senyawa.
                                      7.    Menuliskan unsur-unsur penyusun senyawa.
                                      8.    Menjelaskan jenis-jenis pembentukan senyawa.
                                      9.    Menuliskan rumus kimia dan penamaan senyawa.

v Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

Materi Pembelajaran      :  Unsur Kimia

Metode Pembelajaran     :  Model:
                                  -   Direct Instruction (DI)
                                  -   Cooperative Learning
                                  Metode:
                                  -   Diskusi kelompok
                                  -   Ceramah

Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
     .   Motivasi dan apersepsi
          -   Empat unsur utama apa sajakah yang menyusun tubuh manusia?
          -   Mengapa logam natrium mudah bereaksi dengan air di udara?
     .   Prasyarat pengetahuan
          -   Apakah yang dimaksud dengan unsur?
          -   Bagaimana sifat dan kegunaan setiap unsur?



b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan pengertian unsur.
F Mengenal nama dan lambang unsur.
F Menerapkan aturan tata nama unsur.
F Menjelaskan maksud pengelompokan unsur ke dalam tabel periodik.
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian unsur.
F Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan beberapa unsur yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
F Peserta didik dalam setiap kelompok memperhatikan penjelasan dari guru mengenai aturan tata nama unsur dan maksud pengelompokan unsur ke dalam tabel periodik.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengelompokan unsur dalam tabel periodik berdasarkan kemiripan sifat dari setiap unsur (titik lebur, titik didih, wujud; logam, semi logam, non logam, daya hantar listrik dan daya hantar panas)
F Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai sifat dan kegunaan dari beberapa unsur.
F Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
     Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
     .   Motivasi dan apersepsi
          -   Tersusun dari unsur apa sajakah garam dapur?
          -   Senyawa apakah yang terbentuk, jika unsur natrium bercampur secara kimia dengan air?
     .   Prasyarat pengetahuan
          -   Apakah yang dimaksud dengan senyawa?
          -   Bagaimana senyawa dapat terbentuk?

b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan sifat dan kegunaan unsur.
F Menjelaskan pengertian senyawa.
F Menuliskan unsur-unsur penyusun senyawa.
F Menjelaskan jenis-jenis pembentukan senyawa.
F Menuliskan rumus kimia dan penamaan senyawa.
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian senyawa.
F Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan beberapa senyawa yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) menuliskan unsur-unsur penyusun senyawa yang telah disebutkan oleh perwakilan dari tiap kelompok.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan jenis-jenis pembentukan senyawa (pembakaran, peruraian dan pencampuran zat secara kimia).
F Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk menyimpulkan hasil diskusi.
F Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F Peserta didik dalam setiap kelompok memperhatikan penjelasan dari guru mengenai penulisan rumus kimia dan penamaan senyawa.
F Guru memberikan contoh beberapa penulisan reaksi kimia dan penamaan senyawa.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
     Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memberi penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
F Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar
a.  Buku IPA Terpadu.
b.  Buku referensi yang relevan.

Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·    Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur
·    Menuliskan nama dan lambang unsur
·    Menuliskan nama dan rumus kimia sederhana
·    Menentukan nama senyawa dan rumus kimia sederhana
Tes tulis

Tes tulis


Tes tulis


Tes tulis
PG

Tes isian


Tes uraian


PG
·    Lambang K merupakan nama unsur ....
a. Kalium    c. Karbon
b. Kalor       d. Kalsium
·    Tuliskan satu nama dan lambang sebuah unsur
·    Tuliskan satu nama dan rumus kimianya
·    Rumus kimia asam sulfat adalah ....
a. H2SO4    c. H4SO2
b. HS2O4    d. H4S2O


                                                                                  
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



(_______________________)
NIP/NIK :

                                                                    




















kami di Facebook

Hari ini

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons