Pentingnya Kelestarian Sumber Air Minum



Dilihat dari banyaknya manfaat air putih untuk kesehatan tubuh kita, hal tersebut dapat kita ketahui dari sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%. Sedikitnya, secara normal kita butuh 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Bagi perokok jumlah tersebut harus ditambah setengahnya. Air tersebut diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi ( proses pengeluaran zat yang masih diperlukan tubuh oleh suatu kelenjar, misalnya hormone atau enzim ). Para dokter juga menyarankan agar mengonsumsi air putih 8-10 gelas setiap hari agar metabolisme tubuh berjalan baik dan normal.

Itu hanya sebagian fungsi air putih yang kita minum, jika kita kurang dalam mengkonsumsi air putih memang efeknya tidak akan langsung kita rasakan kecuali rasa haus saja, bahkan apabila kita kurang dalam mengkonsumsi air putih bisa menyebabkan stroke bahkan kematian.

Dari gambaran betapa pentingnya air putih maka marilah kita jaga kelestarian sumber - sumber air yang sekarang ini sudah mulai sulit kita dapatkan baik dari mata air atau keran karena bersumber pada tempat yang sama.




Berikut ini beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk melestarikan sumber air minum yang kelak akan berguna bagi kita dan masa depan anak cucu kita :

1. Penghematan penggunaan air sesuai kebutuhan.








2. Buanglah sampah pada tempatnya ( jangan di sungai ).








3. Pengolahan limbah terutama bahan kimiawi secara tepat.
4. Penanaman kembali hutan gundul (reboisasi ).





5. Hentikan penebangan liar.





6. Sosialisasi tentang pentingnya air bagi kita dan anak cucu kita.







7. Memulai membersihkan daerah sumber air bersih dari sampah.





8. Menciptakan lingkungan yang asri, dimulai dari lingkungan rumah kita sendiri.



9. Menjaga stabilitas ketersediaan air bersih di dalam tanah.


Dengan kita menumbuhkan kesadaran kita tentang semakin sulit dan pentingnya air bersih maka marilah kita bersama menjaga, melindungi, melestarikan kekayaan alam termasuk air bersih yang telah Tuhan berikan. Demi masa depan kita dan anak cucu kita.


0 komentar:

kami di Facebook

Hari ini

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons